Kemampuan virus untuk Mendapatkan Informasi

Virus komputer biasanya tidak hanya menulari satu program saja, tetapi sebuah kumpulan program (misalnya semua file yang ber-ekstensi .Doc atau .Com) jadi sebuah virus harus memiliki informasi tentang program-program (file-file) yang ada atau mampu untuk mendapatkan informasi tersebut.
Informasi tentang program-program yang ada tersebut didapatkan dengan membaca Root Directory pada disket yang dipergunakan, root directory merupakan daerah pada disket yang diperggunakan untuk mencatat semua file yang ada dalam disket tersebut, root directory ini terletak pada logika sector 5 sampai dengan 11 (side 0 track 0 sector 6,7,8,9) dan side 1 track 0 sector 1,2,3).

Sesudah pembacaan root director tersebut, virus akan membuat daftar nama-nama file yang akan ditulari (misalkan semua file yang ber-ekstensi EXE).
Daftar nama-nama file tersebut dapat disimpan dalam bentk file tersendiri atau disimpan dalam memori komputer (RAM). Bila komputer dimatika atau program virus selesai dijalankan. Namun file tersebut harus dibuat agar tidak terlihat oleh pemakai komputer. Misalnya dengan membuatnya menjadi hidden file atau disembunyikan
Prinsip-prinsip Virus Komputer

Agar dapat bertindak sebagai sebagai virus komputer , sebuah program harus memiliki 4 buah kemampuan yang merupakan prinsip dari virus komputer. Kelima kemampuan itu adalah :

1. Kemampuan mendapatkan informasi
2. Kemampuan memeriksa program
3. Kemampuan menggandakan diri dan menularkan
4. Kemampuan menggandakan manipulasi
5. Kemampuan menyembunyikan diri

Satu persatu dari masing-masing kemampuan yang harus dimiliki oleh sebuah virus komputer

Kemampuan Virus menggandakan diri dan menularkan

Bila program yang belum ditulari itu ditemukan, maka virus akan menulari program tersebut dengan pertama-tama menuliskan byte tanda pengenal pada program itu, dan seterusnya menulis object-code virus diatas program itu, tidak ada sebuah program pun yang bebas dari virus, sebap object code dari virus, ditulis diatas (overwrite) sebagaian dari program yang ditulari. Kemampuannya menyalin dirinya seandainya kedalam program lain ini merupakan keperluan yang paling mutlak dari sebuah viru komputer.

Cara penularan dan penggandaan diri yang dilakukan virus ini ada dua macam :

a.File (program) yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. Kemudian program virus yang ada di disket, di salin dengan nama file yang telah dihapus tersebut.

b.Program virus yang suda diload di memori komputer , disalin menumpangi (overwrite) seluruh atau sebagian isi dari file (program) yang ditulari pada disket atau media penyimpanan lainnya Penyalinan program virus tersebut diatas, tidak selalu hanya terhadap sebuah program saja, tetapi bisa juga dirancang terhadap beberapa program, hal iniliah yang menyebapkan virus komputer dapt “ berkembang-bia” secara mengerikan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: